pages

Sabtu, 07 Juli 2012

MISSION IMPOSIBLE: MDGs AIDS 2015


Semua pakar tingkat dunia sepakat disertai pembuktian di lapangan yang menyatakan bahwa penyakit HIV/AIDS belum diketemukan obatnya! Fakta ini harus menjadi rujukan dan peringatan dalam penetapan strategi kebijakan. Dengan demikian pendekatan yang  lebih mengedepankan ODHA tidak akan efektif menahan laju percepatan infeksi baru, melainkan berputar-putar di hulu dan super sibuk melayani sekitar ODHA/ komunitas penderita.

Lebih jauh, strategi yang bertumpu pada komunitas penderita, menimbulkan efek ekonomi biaya tinggi (high cost economic). Sebut saja besarnya biaya pembelian obat ARV (antiretroviral), pengadaan jarum suntik, penggunaan kondom, terapi rumatan Metadhone, penyediaan reagen untuk vct, dll.
Betapa ironis keadaan ini. Dapat dimaklumi apabila penderita HIV/AIDS semakin hari bertambah banyak, baik di  dalam maupun luar negeri. Pencapaian program HIV/AIDS yang merujuk pada MDGs 2015 semakin jauh dari hasil yang diinginkan. Slogan ZERO New HIV Infection, ZERO AIDS Related Deaths, boleh dibilang mustahil dapat diraih dan sukses dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar